Program Sidukun 3 in 1

Si Dukun 3 in 1 merupakan layanan integrasi 3 instansi dalam 1 loket Dukcapil bersama layanan Kesehatan dan BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah pengurusan administrasi kependudukan bagi ibu yang baru melahirkan di DKI Jakarta.

Layanan Alpukat Betawi

Fitur dalam aplikasi Alpukat Betawi selain dapat mengajukan permohonan, pengguna dapat memonitor dan memutakhirkan kelengkapan data administrasi kependudukannya. Pengguna dapat melihat kelengkapan data beserta bentuk dokumen kependudukannya pada menu informasi data keluarga. Selain itu pengguna dapat mengajukan perubahan elemen data kependudukannya pada menu perubahan biodata.

Proses Permohonan Alpukat
1. Pilih jenis layanan, input form permohonan, upload berkas pendukung, pilih preferensi jadwal, submit permohonan
2. Tunggu konfirmasi petugas loket
3. Setelah mendapatkan notifikasi permohonan selesai, silahkan datang ke loket sesuai jadwal yang disepakati untuk mengambil dokumen yang sudah jadi ditukar dengan syarat layanan yang diajukan.

Jadwal kedatangan ke loket untuk pengambilan dokumen yang dapat dijadwalkan paling cepat adalah H+1 (Hari Kerja) dari tanggal pengajuan permohonan layanan, Dengan batasan Max 10 permohonan terjadwal di tanggal yang dipilih. Untuk pengajuan permohonan layanan diatas pukul 15.00 WIB penjadwalan paling cepat H+2 (Hari Kerja).

Registrasi Akun Alpukat Betawi

Sebelum dapat mengajukan pelayanan, silahkan registrasi di menu Mendaftar.

Cara Registrasi:
1. Lengkapi data NIK, NO KK, email, Nama Lengkap, Nomor HP, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir (Harus sama dengan dokumen kependudukannya), kemudian Password untuk akses aplikasi.
2. Akan dikirim SMS dari DukcapilDKI, Masukkan kode yang diterima.
3. Setelah berhasil memasukkan kode yang sesuai, dapat melakukan login dengan NIK dan password yang sudah dibuat.

Setelah tahap ini pengguna sudah dapat mengakses alpukat betawi dan mengajukan permohonan layanan, kecuali menu informasi data keluarga dan perubahan biodata. Untuk dapat mengakses kedua menu tersebut dapat melakukan verifikasi akun dengan datang ke loket dukcapil atau mengajukan verifikasi online melalui aplikasi alpukat betawi mobile dengan mengunggah foto KTPel dan Swafoto diri beserta KTPel.

Cara Verifikasi Online di menu Verifikasi Akun:
1. Unggah foto KTPel dan Swafoto diri beserta KTPel
2. Tunggu notifikasi verifikasi berhasil
3. Logout, kemudian Login kembali untuk dapat mengakses menu informasi data keluarga dan perubahan biodata

Infografis Alpukat

Layanan Alpukat yang tersedia saat ini antara lain: Pencetakan KTPel, Pencetakan KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Perubahan Biodata, Legalisir/Duplikat, dan Informasi Data Keluarga.
Untuk Pencetakan KTPel dan atau KK terkait dengan perubahan biodata. Pemohon Dapat mengajukan melalui menu Perubahan Biodata.
Apabila Ada Pertanyaan atau Permasalahan dalam penggunaan "Alpukat Betawi" dapat menghubungi WA Kontak Dukcapil di +6281318882047